Pada bulan Sya'ban ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya adalah:
1.
Mensucikan badan dari dosa dan memperbaiki niat untuk amal shaleh
sebagai persiapan menghadapi bulan Ramadlan
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: إِذَا دَخَلَ شَعْبَانُ فَطَهِّرُوْا أَنْفُسَكُمْ
وَأَحْسِنُوْا نِيَّتَكُمْ فِيْهِ (مكاشفة القلوب: 251)
Rasulullah SAW bersabda: “Apabila
bulan Sya’ban telah datang maka bersihkanlah dirimu dan perbaiki niatmu.”
2.
Memperbanyak puasa
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي
قَيْسٍ، أَنَّهُ سَمِعَ عَائِشَةَ تَقُولُ: كَانَ أَحَبُّ الشُّهُورِ إِلَى
رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَصُومَهُ شَعْبَانَ، ثُمَّ
يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ
Dari Abdullah bin Abi Qays
bahwa ia mendengar ‘Aisyah berkata: “Bulan yang paling disukai Rasulullah
SAW untuk berpuasa adalah bulan Sya’ban kemudian beliau menyambungnya dengan
puasa Ramadlan.”
ذَاكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ
فِيْهِ عَنْهُ، بَيْنَ رَجَبَ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ
اْلأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِيْ وَأَنَا
صَائِمٌ (رواه أبو داود النسائي)
”Bulan Sya’ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya
antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya
amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam
keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa’i)
Puasa Sya’ban
adalah sebagai media berlatih sebelum menjalankan puasa Ramadhan. Adapun
berpuasa hanya pada separuh kedua bulan Sya’ban itu tidak diperkenankan,
kecuali:
1.
Menyambungkan puasa separuh kedua bulan Sya’ban dengan separuh
pertama
2.
Sudah menjadi kebiasaan
3.
Puasa qadla’
4.
Menjalankan nadzar
5.
Tidak melemahkan semangat puasa bulan Ramadhan.
3.
Menghidupkan malam Nishfu Sya’ban (15 Sya’ban)
عَنْ عَلِىِّ بْنِ أَبِى طَالِبٍ
قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- إِذَا كَانَتْ
لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا يَوْمَهَا.
فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا
فَيَقُولُ أَلاَ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ أَلاَ مُسْتَرْزِقٌ
فَأَرْزُقَهُ أَلاَ مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلاَ كَذَا أَلاَ كَذَا حَتَّى
يَطْلُعَ الْفَجْرُ
Dari Ali bin Abi
Thalib berkata; Rasulullah SAW bersabda: Ketika malam Nishfu Sya’ban maka
dirikanlah ibadah pada malamnya dan berpuasalah pada siangnya karena (rahmat)
Allah SWT turun mulai terbenamnya matahari ke langit dunia dan berfirman:
Ingatlah! Orang yang meminta ampunan maka akan Aku ampuni, ingatlah! Orang yang
meminta rizqi maka akan Aku beri rizqi, ingatlah! Orang yang mendapat cobaan
maka Aku lindungi, ingatlah! Demikian ingatlah! Demikian hingga fajar menyingsing.
Yang dimaksud
dengan menghidupkan malam adalah dengan ibadah lebih dari separuh malam misal:
sholat sunat utamanya shalat tasbih.
4.
Do’a pada malam nishfu Sya’ban
a.
Sesudah maghrib membaca S. Yasin 3 kali dengan niat:
1.
Supaya diberi umur panjang untuk ibadah
2.
Diniati thalak bala’
3.
Diniati hidupnya selalu cukup
b. Setiap membaca S. Yasin diteruskan
dengan do’a nishfu Sya’ban:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ
يَا ذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْهِ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ يَا ذَا
الطَّوْلِ وَاْلإِنْعَامِ لآ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ
وَمَأْمَنَ الْخَائِفِيْنَ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ
الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُوْمًا أَوْ مَطْرُوْدًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي
اْلأَرْزَاقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِيْ وَحِرْمَانِي وَطَرْدِيْ
وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَأَثْبِتْنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا
مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنَزَّلِ
عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَآءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ
أُمُّ اْلكِتَابِ. إِلٰهِي بِالتَّجَلِّي اْلأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ
شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِي يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ.
أَسْأَلُكَ أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلاَءِ مَا أَعْلَمُ وَمَا لاَ نَعْلَمُ
وَمَا أَنْتَ بِهَ أَعْلَمُ. إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ اْلأَكْرَمُ. وَصَلَّى
اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ
إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ
الْعَفْوَ وَاْلعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا
وَاْلآخِرَةِ.
Para
ulama menamai malam Nishfu Sya’ban dengan beragam nama. Banyaknya nama-nama ini
mengindikasikan kemuliaan malam tersebut.
1.
Lailatul
Mubarokah (malam yang penuh berkah).
2.
Lailatul
Qismah (malam pembagian rizki).
3.
Lailatut
Takfir (malam peleburan dosa).
4.
Lailatul
Ijabah (malam dikabulkannya doa)
5.
Lailatul
Hayah walailatu ‘Idil Malaikah (malam hari rayanya malaikat).
6.
Lalilatusy
Syafa’ah (malam syafa’at)
7.
Lailatul
Bara’ah (malam pembebasan).
Dan
masih banyak nama-nama yang lain.
5.
Haram berpuasa pada “yaum asy syak” (tanggal 30 Sya’ban)
bagi selain yang mempunyai kebiasaan puasa (misal: bertepatan dengan puasa senin
kamis) demikian halnya puasa setelah nishfu sya’ban selama tidak disambung
dengan puasa sebelumnya atau tidak bertepatan dengan puasa kebiasaannya, tidak
puasa nadzar atau puasa qadla’. ‘Ammar bin Yasir pernah berkata:
مَنْ صَامَ يَوْمَ الشَّكِّ فَقَدْ
عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
“Barangsiapa
yang berpuasa pada hari yang meragukan, maka ia telah mendurhakai Abul Qasim
shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Dishahihkan oleh Tirmidzi,
Ibnu Hibban dan Al Hakim, juga diriwayatkan oleh Bukhari tanpa sanad).
No comments:
Post a Comment